Pengertian Bencana Alam, Macam-Macam Lengkap dengan Gambar

Pengertian Bencana Alam, Macam-macam dan Jenis-jenis Lengkap dengan Gambar - Indonesia memang tidak terlepas dengan bahayanya bencana alam. Bencana alam dalam bentuk apapun pasti akan merugikan kita. Masalah ini sudah menjadi topik yang sering di era modern saat ini, karena berbagai bencana alam akan terus menerus datang tanpa kita sadari.



Walaupun manusia dapat memprediksi kapan terjadinya bencana, tetapi tidak akan bisa menghentikan bencana itu. Walaupun bisa memperkecil korban jiwa, tetapi kerugian yang diderita amatlah besar. Kita sebagai manusia hanya bisa menghindari, tetapi tidak dapat menghentikan terjadinya bencana alam, sekuat apapun manusia tersebut.



Berikut ini adalah Pengertian Bencana Alam, Macam-macam dan Jenis-jenis Lengkap dengan Gambar.




Pengertian/Definisi Bencana Alam




Bencana alam adalah suatu kejadian/peristiwa alam yang dampaknya dapat mengakibatkan populasi manusia terancam. Peristiwa alam tersebut dapat berupa gempa, letusan gunung berapi, banjir, tsunami, tanah longsor, angin topan/angin puting beliung, kebakaran hutan, kekeringan, dan lain-lain.



Walaupun bencana alam tersebut sudah biasa terjadi di Bumi kita ini, tetapi kita tidak bisa menghentikannya, kita hanya dapat memperkecil dampak bencana yang terjadi.



Bencana alam adalah rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam.




Jenis-jenis Bencana Alam




Bencana alam meteorologi



Bencana alam meteorologi/hidrometeorologi merupakan bencana alam yang berhubungan dengan iklim. Bencana alam ini umumnya tidak terjadi pada suatu tempat yang khusus. Bencana alam bersifat meteorologis paling banyak terjadi diseluruh dunia seperti banjir dan kekeringan. Kekhawatiran terbesar pada masa modernisasi sekarang ini adalah terjadinya pemanasan global.



Bencana alam geologi



Bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan tanah longsor. Contoh bencana alam geologi paling umum adalah gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan tanah longsor.



Bencana alam ekstra-terestial



Bencana alam ekstra-terestial merupakan bencana alam yang terjadi di luar angkasa. Bencana dari luar angkasa adalah datangnya berbagai benda langit seperti asteroid atau gangguan badai matahari. Meskipun dampaknya berukuran kecil tidak berpengaruh besar, asteroid kecil tersebut berjumlah sangat banyak sehingga bisa menimbulkan untuk menabrak bumi.




Macam-macam Bencana Alam




1. Banjir


Bencana alam Banjir



Read More »

Posting Komentar

0 Komentar

Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)