Persebaran Flora & Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Ensiklopediasli - Pelajaran hari ini membahas tentang Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia beserta gambarnya.



Wilayah Indonesia merupakan negara yang kaya dengan keanekaragaman sumber daya alam hayati baik yang terdapat di darat, laut maupun udara.



Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia mendorong para peneliti dan pecinta alam datang ke Indonesia untuk meneliti dan melihat.



Kata persebaran memiliki arti dasar penyebaran, berarti menunjukkan lokasi dari objek yang diamati. Jika kita kaitkan dengan kata fauna maka kata persebaran tersebut memiliki arti distribusi penyebaran dari hewan yang di amati pada suatu lokasi.



Dalam hal ini persebaran dilakukan untuk mengetahui ciri khas dan karakteristik hewan atau tumbuhan yang tersebar di suatu daerah Indonesia.



Pola persebaran fauna di Indonesia sama dengan pola persebaran flora, yaitu di bagian Barat, faunanya mempunyai kemiripan dengan fauna Asia, di bagian Timur faunanya mirip dengan fauna di Australia, dan diantara kedua daerah tadi, faunanya merupakan fauna daerah peralihan.



Hal tersebut bisa saja terjadi karena pada zaman es Indonesia pernah menyatu dengan Asia dan Australia.



Persebaran flora dan fauna di Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu flora dan fauna asiatis, peralihan, dan australis. Penjelasannya seperti dibawah ini.




Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya



Read More »

Posting Komentar

0 Komentar

Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)